Kamis, 26 Agustus 2010

SeNyUM

Sepekan Nyantri di Ummul Quro atau yang biasa disebut dengan SeNyUM merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang diadakan saat bulan Ramadhan. Tujuan acara SeNyUM ini adalah sebagai berikut:
1. Meningkatkan amal ibadah
2. Melatih kesabaran
3. Meningkatkan rasa persaudaraan sesama muslim
4. Melatih diri menjadi insan bertaqwa

"Al-Quran di hatiku, kubaca dan kujaga selalu," merupakan tema SeNyUM untuk tahun ini.

Kelompok-kelompok untuk kali ini merupakan nama-nama surat yang terdapat pada Al-Quran. Setiap satu kelompok terdiri atas murid-murid campuran dari  kelas A, kelas B, kelas C, dan kelas D. Setiap kelompok rata-rata terdiri dari 12 murid dan 1 pembina.

Senin, 23 Agustus 2010
Hari pertama SeNyUM ini diawali dengan ceria. Pembukaan dilapangan dilaksanakan dengan sepenuh hati. Ada juga Training Motivation dengan Kak Imam.

Selasa, 24 Agustus 2010
Kalau kemarin dengan Kak Imam, sekarang dengan Kak Syauqi. Kak Syauqi adalah salah satu murid dari pondok pesantren Husnul Khatimah (kelas 10) di Kuningan. Kakak yang berumur 15 tahun ini sudah hafal kurang lebih 15 juz. Hebatnya lagi, Kak Syauqi ini merupakan salah satu alumni dari SDIT Ummul Quro. Saat Kak Syauqi sudah tamat SD, Kak Syauqi sudah menghafalkan sekitar 3 juz setengah. Yakni juz 30, 29, 28, dan sebagian juz 27. Dan pada kesempatan kali ini, Kak Syauqi akan memberi tips tentang cara mudah menghafal Al-Quran. Ternyata, cara praktis dari Kak Syauqi adalah membaca ayat tersebut sebanyak 40 kali, lalu Quran ditutup. Saat membaca sebanyak 40 kali itu, otak secara otomatis akan merekam ayat itu. Dan murajaahlah setiap hari meski hanya 1 surat.

Rabu, 25 Agustus 2010
Menyebarkan Al-Quran kepada sesama muslim merupakan salah satu kebaikan. Pada hari ini, level 6 mengadakan program Tok-Tok Quran. Program ini adalah program pertama kali di dunia yang dilaksanakan oleh anak SD kelas 6. Al-Quran itu sendiri berasal dari murid-murid yang mau menyumbangkan Al-Qurannya. Juga berasal dari tetangga atau orang lain yang mau menyumbangkan dana untuk program ini.

Sebagai penutup, kegiatan menghias parcel dijalankan. Sambil menghias parcel, Bu Ila berkeliling dari satu kelompok ke satu kelompok lainnya untuk menilai Kreatifitas Quran dari setiap kelompok. Kreatifitas Quran itu bisa berupa apa saja. Misalnya drama, puisi, atau nasyid. Seperti namanya, kreatifitasnya harus tentang Quran.

Kamis, 26 Agustus 2010
Semua murid menuju kelasnya masing-masing. Saat bel berbunyi, baik ikhwan mau pun akhwat, semua menuju masjid untuk menunaikan sholat Ashar.

Usai sholat Ashar, murid-murid dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 menuju lapangan untuk menyaksikan penampilan-penampilan dari sang pemenang. Satu level satu pemenang.

Lalu menuju kelas masing-masing untuk berbuka puasa bersama. Dan sholat Maghrib.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan saran, kritik, dan komentar kamu tentang Diary 6C! Segala pesan yang kamu berikan sangat berarti bagi kami.